Terapi Menopause

Menopause merupakan bagian dalam fase atau siklus kehidupan seorang wanita ketika masa kesuburan dan masa reproduksi mengalami penurunan hormonal. Menopause bukan termasuk dalam suatu penyakit yang harus ditakuti karena setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Terapi menopause dapat dilakukan para wanita.

Namun banyak cara yang dapat ditempuh dalam manangani menopause, agar menopause tidak menghalangi anda beraktivitas meskipun banyak mengalami penurunan atau perubahan hormon, namun kondisi dari suatu tubuh harus tetap fit dan sehat, meskipun beberapa diantara mereka yang mengalami menopause mudah terjangkit penyakit jantung atau mengalami osteopororsis. Namun tidak semua wanita pasca menopause harus menjalani terapi menopause atau yang biasa yang dikenal dengan Terapi Sulih Hormon ( TSH ). Jika anda ingin menjalani terapi sulih hormon ini ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait efek dan resiko dari Terapi Sulih Hormon ( TSH ).

Ada beberapa pendapat dari para ahli yang menyarankan untuk melakukan Terapi Sulih Hormon dengan tujuan untuk :

1. Mengurangi gejala menopause yang tidak diinginkan
2. Membantu mengurangi kekeringan pada vagina
3. Mencegah terjadinya osteoporosis

Beberapa efek samping dari melakukan Terapi Sulih Hormon ( TSH ) :

1. Terjadi pendarahan pada vagina
2. Rasa nyeri pada payudara
3. Rasa mual
4. Ingin sekali muntah
5. Perut kembung
6. Kram pada bagian perut bawah, tepatnya rahim

Untuk mengurangi resiko dari Terapi Suli Hormon ( TSH ) dan tetap mendapatkan keuntungan dari TSH, para ahli menyarankan :

1. Menambahkan progesteron terhadap estrogen

2. Menambahkan jumlah hormon testosteron terhadap estrogen

3. Menggunakan dosis esterogen yang paling rendah

4. Melakukan pemeriksaan secara teratur termasuk pemeriksaan panggul, dan pap smear minimal 1 tahun sekali sehingga kelainan bisa sedini mungkin untuk diatasi.

Estrogen tersedia dalam bentuk alami dan sintesis ( dibuat di laboratorium ). Estrogen sintesis ratusan kali lebih kuat dibandingkan estrogen alami sehingga tidak secara rutin diberikan kepada wanita menopause. Untuk mencegah hot flushes dan osteoporosis hanya diperlukan estrogen alami dalam dosis yang sangat rendah. Dengan dosis tinggi cenderung menimbulkan masalah, contoh kecil seperti sakit kepala sebelah (migrain). Estrogen bisa diberikan dalam bentuk tablet atau tempelan kulit ( estrogen transdermal ) krim estrogen dapat dibalurkan pada vagina untuk mencegah penipisan lapisan vagina ( sehingga mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih dan beser ) dan untuk mencegah timbulnya nyeri ketika melakukan aktivitas seksual.

Biasanya Terapi Sulih Hormone ( TSH ) tidak dapat dilakukan pada wanita yang mengidap kanker payudara atau kanker endometrium stadium lanjut, pendarahan kelamin dengan penyebab yang tidak pasti, penyakit hati akut, penyakit pembekuan darah, porfiria intermiten akut. Kepada awanita tersebut biasanya diberikan obat anti cemas, progesteron atau klonidin untuk mengurangi hot flashes. Untuk mengurangi depresi, kecemasan, mudah tersinggung dan susah tidur bisa diberikan anti depresi.

Berikut ini adalah cara mengatasi menopause yang paling mudah yang dapat anda ikuti :

1. Konsumsi susu, namun jika anda tidak menyukai susu dapat diganti dengan mengkonsumsi tahu, tempe atau sayur, tentunya dengan dosis yang lebih rendah. Misalnya, 50 gram tempe atau 120 gram tahu yang mengandung fitoestrogen, cukup untuk sehari.

2. Dalam memasak jenis sayuran apapun jangan terlalu lama karena vitamin yang terdapat dalam sayuran akan larut dalam air bila dimasak terlalu lama.

3. Cobalah mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau mentega rendah kalori untuk memasak makanan anda baik dalam menumis atau hanya menggoreng biasa, agar tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi vitamin dengan dosis yang tepat, terutama vitamin A dan D. Karena vitamin A dan D tidak dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh, jika berlebihan dapat menimbulkan racun dalam tubuh. Jangan sembarangan mengkonsumsi vitamin A dan D. Dosisnya harus tepat, karena kedua vitamin itu tak bisa dikeluarkan begitu saja dari dalam tubuh. Selain itu, jika terus dikonsumsi, bisa-bisa malah menimbulkan racun di dalam tubuh.

5. Minuman dan makanan yang harus dihindari untuk memperlambat datangnya menopause antara lain kafein, kopi, alkohol, minuman bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak.

6. Bersikap sabar dan berusaha menerima kenyataan, karena bagaimana pun, menopause pasti akan datang. Tentu saja, anggota keluarga yang lain harus lebih bijaksana menghadapi sikap wanita yang menopause.

7. Tambahkan vitamin dalam menu sehari-hari. Vitamin yang diperlukan antara lain :

a. Vitamin A, C dan E untuk antioksidan. Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi hati, kuning telur, susu dan mentega. Sedangkan dari tumbuhan, vitamin ini bisa diperoleh lewat sayuran warna hijau, jingga dan buah seperti tomat. Sedangkan vitamin E banyak didapat lewat kacang-kacangan, sayur dan buah.

b. Vitamin D untuk penyerapan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati, mentega dan keju.

c. Vitamin B kompleks yang berguna untuk memperlambat datangnya menopause terdapat pada kacang-kacangan dan sereal.

d. Untuk memperlambat datangnya menopause, hindari kafein, kopi, alkohol, minuman bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak.

Cara diatas adalah terapi menopause alami yang dapat dilakukan para wanita. 

garis

CARA PEMESANAN MENOHERBS

Wish MenoHerbs Boyke&Co Herbal, Alami dan Tradisional Untuk Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Menopause, Serta Untuk Menjaga Keindahan Tubuh Wanita!

Harga 1 Botol Kapsul MenoHerbs isi 30 Kapsul = Rp.395.000,-

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat MenoHerbs:

SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan : Pesan MenoHerbs, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Menopause and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.